Keberadaan Internet dalam Keluarga Kita

20 May 2012

b3aab9f555e700f28d8135d7f71d5c0c_internet-kids-logo

Keberadaan internet sudah menyusupi dan menginvasi rakyat kita. Terutama remaja kita, yang memang bisa dibilang sudah sangat tergantung pada keberadaan internet. Kehidupan dan aktivitas mereka, tidak bisa lepas dari internet.Dengan kata lain internet sudah menjadi salah satu bagian dari budaya hidup para remaja kita.

Internet memang memiliki banyak manfaat positif, akan tetapi juga memiliki dan dapat membawa dampak negatif bagi para remaja. Namun, positif atau negatif, ataupun baik buruknya internet tergantung pada masing- masing individu yang menggunakannya. Di tangan yang benar, internet dapat membawa sejumlah manfaat yang berguna, namun di tangan yang salah, internet dapat menjadi petaka dan membawa keburukan bagi pengguna dan orang di sekitarnya.

7a4180cf9919b3d2fceec761ac0019d5_kids-online2

Terutama di tangan remaja yang masih dapat dikatakan sebagai golongan yang labil dan belum mampu untuk memilah yang mana yang benar dan mana yang salah dengan baik. Internet menawarkan kebebasan dalam mengakses informasi. Tidak ada larangan di internet. Akan tetapi, di negara kita yang masih menjunjung tinggi budaya ketimuran, kebebasan ini tidaklah sepenuhnya bisa diterima. Dan tentu, dibutuhkan filter khusus untuk menyaring hal- hal tersebut.

Internet dapat membuka wawasan dan memberikan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dengan lebih luas. Akan tetapi, di internet juga terdapat berbagai konten yang tidak cocok di dalam budaya bangsa kita. Terutama apabila hal- hal tersebut diakses oleh remaja. Pemerintah sendiri, sudah menyediakan sebuah filter tersendiri yang bisa menghalangi para remaja ini untuk mengakses situs- situs yang mengandung konten tidak baik. Walau cara ini dapat cukup membantu, akan tetapi kadang kala dengan cara tertentu, penyaringan ini tetap bisa dibobol oleh mereka.

9a3a88b0b38dd8b27e70ed27c2cde2c5_family-looking-at-the-int-007

Oleh karena itu, mereka butuh bimbingan dari orang dewasa di sekitarnya, tentang penggunaan internet yang baik dan benar. Dengan bimbingan yang baik, maka mereka akan menyadari apa yang benar dan apa yang salah dengan cara mereka sendiri. Apabila kita bisa menanamkan hal ini pada mereka, maka tidak diperlukan filter atau penghalang lagi, karena mereka akan paham apa yang baik dan buruk bagi perkembangan mental mereka sendiri.


TAGS


-

Author

Follow Me